Anchor Wanita Pertama di Korea Selatan

Woman   19 Februari 2020

korea berita pembaca anchor

Selama lima kali seminggu, Lee So-jeong tampil dalam buletin "News 9", di stasiun penyiaran publik nasional Korea Selatan, KBS. Lee adalah anchor (pembaca berita utama) wanita pertama di Korea Selatan yang didominasi oleh laki-laki.

Siaran berita televisi di Korea Selatan telah lama mengikuti format yang sama. Anchor laki-laki tua yang tampak serius mengumumkan perkembangan utama hari itu, dengan seorang pendamping wanita yang jauh lebih muda untuk menyampaikan berita-berita ringan.

Kehadiran Lee di KBS akhirnya mendrobrak tradisi tersebut. Pada usia 43, ia bahkan memiliki penyiar pendamping, pria yang lebih muda.

Para pembaca berita wanita dulu dianggap seperti "bunga-bunga cantik", kata Lee. Tetapi dia memiliki ambisi yang lebih besar, ingin mengubah gaya konservatif KBS dan menangkap audiens yang lebih muda. Ambisinya pun berbuah manis, programnya jadi siaran berita yang paling banyak ditonton di Korea Selatan. Terjadi peningkatan audiens dari 9,6 menjadi 11 persen sejak ia mulai pada bulan November.

Tapi Lee merasakan tekanan menjadi pelopor, karena ia tahu jika ada satu kesalahan saja akan menghancurkan karirnya

″Jika saya gagal dalam hal ini, itu bisa memalukan reporter wanita lain secara keseluruhan. Saya harus melakukannya dengan baik sehingga wartawan wanita lain dapat memiliki lebih banyak peluang,″ katanya.

Padahal di tahun 80-an, sangat tidak mungkin menampilkan seorang anchor wanita. Peran Lee "membalikkan" norma gender yang diharapkan dalam masyarakat Korea Selatan.

″Menyampaikan berita politik dan sosial telah lama dianggap sebagai pekerjaan laki-laki sembari menjaga perempuan tetap tersisihkan," kata aktivis hak-hak perempuan, Bae Bok-ju

″Memiliki anchor wanita ini adalah tanda bahwa Korea Selatan berada di persimpangan untuk memperbaiki stereotip gendernya pada akhirnya,″ tutup Bae Bok-Ju.

Berita Terkait

Game Terbaru & Update

Aplikasi Populer

Apps Populer Lainnya

Main Game HTML5

Game HTML5 Lainnya


advertise faq terms contact

Copyright © 2021 Oomph.id, All Right Reserved