Penjelasan CrossFit Menurut Ade Rai

Health   20 Februari 2020

crossfit olahraga

Kematian Ashraf Sinclair yang mendadak membuat orang bertanya-tanya. Beberapa temannya mengatakan, sebelum meninggal Ashraf berolahraga crossfit. Kematiannya pun dikait-kaitkan dengan crossfit. Apa sebenarnya crossfit?

Crossfit adalah program latihan olahraga yang menggabungkan aerobik dan anaerobik. Crossfit memadukan latihan interval intensitas tinggi, angkat beban, senam, dan latihan lainnya dalam satu program olahraga.

Crossfit juga dikenal dengan pola yang keras dan ketat untuk melatih seseorang mendapatkan stamina tinggi. Mereka yang melakukan crossfit juga menjalankan program yang sama, atau dikenal dengan ″one size fit all″.

Berbagai jenis gerakan dan variasi latihan dalam crossfit membuat semua bagian otot berkontraksi. Hal ini membuat kekuatan otot meningkat, menambah stamina, namun juga memicu terjadinya cedera otot dan persendian.

National Strength and Conditioning Association (NSCA) mengeluarkan jurnal dan menyatakan 73,5 persen sampel pernah cedera saat berlatih crossfit. Benarkah crossfit berbahaya? Berikut penjelasan dari Ade Rai, binaragawan sekaligus pegiat fitness.

″Pada dasarnya dunia kebugaran melatih pengencangan otot rangka, dikombinasikan dengan pengencangan otot jantung. Kebetulan crossfit sebuah permainan yang menggabungkan keduanya dijadikan di dalam satu urutan dan dilakukan bersama-sama. Kalau crossfit olahraga yang ekstrem, itu mungkin saya setuju. Olahraganya pada dasarnya memang membutuhkan satu latar belakang fisik yang baik,″ jelas Ade.

″Olahraga itu terbagi banyak. Pertama adalah aerobik aktivitas biasanya membutuhkan oksigen yang tinggi>Misalnya berlari, jalan kaki, berenang, naik sepeda. Yang kedua adalah anaerobik aktivitas yaitu olahraga yang kebalikannya. Jadi sebentar berhenti biasanya dalam waktu 1 menit berhenti. Yang ketiga adalah high intensity interval training atau medium intensity interval training. Kalau crossfit mungkin masuk ke dalam kategori high intensity interval training kalau seandainya intensitasnya berat," kata Ade.

Berita Terkait

Game Terbaru & Update

Aplikasi Populer

Apps Populer Lainnya

Main Game HTML5

Game HTML5 Lainnya


advertise faq terms contact

Copyright © 2021 Oomph.id, All Right Reserved