WhatsApp Kamu Dibajak? Jangan Panik!

Teknologi   17 November 2020

tips aplikasi telekomunikasi teknologi pembajakanwhatsapp akunwadibajak wa whatsapp

Belakangan ini tengah marak beredarnya pemberitaan tentang akun WhatsApp yang dibajak oleh pihak tidak dikenal. Dikhawatirkan pelaku sengaja membajak akun WhatsApp tersebut untuk melancarkan aksi tindakan kriminalnya yakni dengan modus meminta uang dalam jumlah tertentu kepada orang-orang kenalan kita terdapat dalam kontak grup WhatsApp yang kita ikuti.

Hal tersebut tentunya sangat merugikan, tidak hanya nama baik kita, tetapi juga kenalan kita yang terdapat dalam kontak akun WhatsApp yang dibajak tersebut. Lantas bagaimana cara kita mencegah maupun mengatasi ketika akun WhatsApp kita dibajak oleh orang lain ? Berikut yang harus kita lakukan.
 
Jangan pernah memberikan kode WhatsApp ke orang lain
Kode WhatsApp merupakan sesuatu yang sangat rahasia dan tidak boleh diketahui oleh orang lain karena dengan kode tersebut siapa saja bisa mengakses dan menggunakan akun WhatsApp tersebut.

Namun, sebagai manusia tentu terkadang kita lengah atau tidak sadar secara tidak sengaja memberikan informasi kode WhatsApp milik kita kepada orang lain khususnya ketika kita sedang sibuk mengerjakan sesuatu atau bahkan saat dalam keadaan setengah sadar misal sedang mengatuk lalu tiba-tiba mendapat pesan WhatsApp dari kontak yang kita kenal yang menanyakan kode WhatsApp kita.

Untuk itulah kewaspadaan harus tetap ada serta lakukan langkah antisipatif dengan mengaktifkan Two Step Verification pada setting-an menu aplikasi WhatsApp di HP kita.

Aktifkan Two Step Verification pada WhatsApp
Salah satu langkah yang disarankan untuk mencegah pembajakan akun WhatsApp adalah dengan mengaktifkan menu Two Step Verification pada setting-an menu aplikasi WhatsApp. Apabila sudah mengaktifkannya maka nantinya pada waktu-waktu tertentu kita akan diminta memasukkan kode verifikasi PIN WhatsApp saat hendak memakai aplikasi WhatsApp untuk memastikan keamanan akun kita.

Demikian pula halnya jika kita secara tidak sadar meminta pengajuan info kode kepada WhatsApp maka secara otomatis sistem akan meminta kita turut memasukkan PIN kode verifikasi tersebut untuk memastikan apa betul kita mengajukan permohonan info kode WhatsApp.

Sumber foto: dnaindia.com

Informasikan melalui medsos jika WhatsApp dibajak
Pembajak akun WhatsApp selalu bergerak cepat setelah berhasil membajak akun WhatsApp orang lain dengan menghubungi kontak yang terdapat di akun WhatsApp. Biasanya mereka cenderung memanfaatkan kontak di grup WhatsApp ketimbang menghubungi kontak satu per-satu karena dianggap lebih cepat dan efisien bagi niat jahat mereka.

Orang yang biasa berkomunikasi WhatsApp dengan kita biasanya langsung menyadari adanya kejanggalan bahasa yang digunakan oleh pembajak karena selalu menggunakan kalimat pembuka yang singkat seperti “lagi di mana” dan “lagi apa”. Jika mendapat pesan WhatsApp singkat di waktu sibuk dan di malam hari sebaiknya kita lebih waspada.

Apabila kita mendapatkan informasi dari kenalan yang menghubungi kita karena curiga dengan pesan WhatsApp tadi padahal kita tidak merasa mengirimnya maka itu tandanya akun WhatsApp kita sudah dibajak.

Segeralah posting dan membuat pengumuman di akun media sosial kita seperti Facebook, Twitter, Instagram atau YouTube bahwa akun WhatsApp kita sudah dibajak dan dimohon agar seluruh kenalan kita mewaspadai pesan-pesan WhatsApp yang mengatasnamakan kita dan biasanya berisi permintaan peminjaman uang. Semakin cepat hal ini kita lakukan maka semakin baik untuk mencegah jangan sampai ada kenalan kita yang menjadi korban penipuan dari pesan WhatsApp yang mengatasnamakan kita.

Uninstall segera aplikasi WhatsApp di ponsel jika WhatsApp dibajak
Salah satu solusi yang bisa dilakukan saat akun WhatsApp kita diketahui telah dibajak adalah dengan melakukan uninstall aplikasi WhatsApp di HP kita. Dengan melakukan uninstall otomatis akun WhatsApp kita sebelumnya bisa menjadi tidak aktif dan otomatis meminta kepada pengguna akun untuk memasukkan kode WhatsApp yang baru sehingga dapat mencegah dan menghambat penggunaan akun WhatsApp kita oleh pihak pelaku pembajakan.

Sumber foto: world-today-news.com

Laporkan ke WhatsApp jika WhatsApp kita dibajak
Meskipun biasanya kita mungkin sudah langsung melakukan proses uninstall dan install ulang aplikasi WhatsApp di HP setelah mengetajui akun WhatsApp kita dibajak, tetapi disarankan untuk tetap memberikan laporan ke pihak WhatsApp perihal kronologi bagaimana akun WhatsApp kita bisa dibajak dan kondisinya saat ini. Laporan tersebut dapat disampaikan dalam bentuk email dengan menggunakan bahasa Inggris yang ditujukan ke alamat email berikut: support@whatsapp.com

AI

Berita Terkait

Game Terbaru & Update

Aplikasi Populer

Apps Populer Lainnya

Main Game HTML5

Game HTML5 Lainnya


advertise faq terms contact

Copyright © 2021 Oomph.id, All Right Reserved