Solusi Mencegah dan Mengantisipasi Kebakaran Listrik

Tips   14 April 2021

kebakaran tips korsleting korsletinglistrik pln instalasilistrik listrik

Belakangan ini marak terjadi musibah kebakaran yang diakibatkan masalah kelistrikan atau korsleting listrik. Bahaya kebakaran listrik sudah sepatutnya menjadi perhatian kita bersama, mengingat korsleting listrik dapat dipicu oleh sejumlah hal yang dapat memicu kebakaran. Berikut beberapa langkah pencegahan dan hal-hal yang harus diperhatikan apabila terjadi kebakaran yang diakibatkan korsleting listrik.

Solusi terbaik dan paling aman untuk mencegah korsleting listrik adalah dengan mematikan lampu dan mencabut kabel peralatan listrik sesaat setelah selesai digunakan. Jangan biarkan kabel dalam posisi standby maupun menumpuk steker dengan banyak kabel perangkat listrik karena sangat berbahaya dan dapat memicu kebakaran. Disarankan untuk secara rutin dan berkala merawat instalasi listrik, kondisi kabel serta sambungan kabel di rumah agar selalu dalam keadaan baik dan prima. Idealnya perbaikan dan pembaruan sistem instalasi listrik di rumah dilakukan minimal lima tahun sekali.

Apabila ada masalah pada sistem maupun instalasi kelistrikan di rumah, jangan sembarangan mengganti sekering pemutus arus induk. Disarankan memanggil tukang listrik berpengalaman untuk memeriksanya terlebih dahulu. Selain itu, jangan biasakan meletakkan benda-benda yang mudah terbakar seperti minyak wangi dan korek api dekat dengan instalasi listrik. Apabila terjadi korsleting listrik dikhawatirkan benda yang mudah terbakar tersebut semakin memperbesar nyala api sehingga kebakaran semakin sulit untuk dipadamkan. Alangkah baiknya jika kita memiliki alat pemadam api mini berbahan dry chemical di rumah untuk antisipasi apabila terjadi korsleting listrik yang dapat memicu kebakaran.

Sumber foto: teknisilistrik.com

Korsleting listrik sendiri bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Salasatu yang sering ditemui adalah penggunaan alat listrik yang tidak sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia). Sayangnya banyak orang yang tidak menyadari pentingnya SNI dalam instalasi listrik. Hal lain yang juga sering mengakibatkan korsleting listrik adalah penggunaan kabel yang tidak sesuai kapasitas hantar arusnya. Penggunaan listrik ilegal mengakibatkan arus listrik terlalu besar sehingga tidak mampu menampung beban listrik yang ada.

Korsleting listrik juga dapat terjadi apabila stop kontak/kabel tidak sengaja terkena air yang diakibatkan oleh atap bocor, tersiram air atau bahkan terendam banjir. Instalasi listrik yang tidak sesuai standar dan penggunaan listrik yang menumpuk pada satu terminal listrik juga dapat memicu korsleting listrik jika dibiarkan begitu saja. Lantas apabila terjadi kebakaran akibat korsleting listrik apa yang harus dilakukan?

Sumber foto: kompasiana.com

Langkah pertama dan yang terpenting apabila terjadi kebakaran akibat korsleting listrik adalah segera matikan aliran listrik utama. Apabila aliran listrik tidak dimatikan dikhawatirkan dapat memicu kebakaran yang skalanya jauh lebih besar dan berbahaya. Langkah berikutnya adalah segera menghubungi dinas pemadam kebakaran (Damkar) di nomor telepon 112 serta hubungi PLN di nomer telepon 123. Tidak perlu panik, jelaskan dengan tenang kepada petugas Damkar dan PLN bahwa telah terjadi kebakaran akibat korsleting listrik dan sampaikan info alamat rumah secara lengkap dan jelas berikut patokannya.

Sembari menunggu bantuan, apabila memiliki alat pemadam dengan bahan dry chemical bisa mencoba untuk memadamkan api kebakaran tersebut (dengan catatan aliran listrik sudah dimatikan terlebih dahulu dan kobaran api tidak besar). Jangan mencoba memadamkan kebakaran akibat korsleting listrik dengan air biasa atau busa karena justru dapat memperbesar kobaran api. Namun, apabila kebakaran semakin membesar dan tidak dapat dikendalikan, maka segera lakukan evakuasi. Utamakan keselamatan jiwa seluruh penghuni yang ada di rumah di atas segala-galanya.

AI

Berita Terkait

Game Terbaru & Update

Lihat Selengkapnya

Aplikasi Populer

Apps Populer Lainnya

Main Game HTML5

Game HTML5 Lainnya


advertise faq terms contact

Copyright © 2021 Oomph.id, All Right Reserved